Wednesday, 21 October 2015

Tips Penting Memeriahkan Pesta Ulang Tahun

Anda sedang bingung bagaimana memeriahkan pesta ulang tahun anak Anda? Anda tidak tahu bagaimana cara membuat pesta ulang tahun anak Anda tetap ramai sementara uang Anda terbatas? Hari ini adalah hari ulang tahun anak Anda, sementara uang di kantong Anda tidak banyak, bagaimana menyiasati pesta ulang tahun agar tetap meriah?? Inilah 8 tips agar pesta ulang tahun anak sukses : 
  1. Waktu Meski hari ulang tahun anak jatuh dihari biasa, usahakan pesta ulang tahun tetap digelar di hari libur agar kesempatan para undangan untuk datang lebih banyak. Adakan di jam 11.00 atau16.00 dan jangan lebih dari 2 - 3 jam, agar anak-anak tak bosan dan kelelahan karena acara berlangsung terlalu lama.
  2. Lokasi Selain dirumah, kini banyak orang tua mengadakan pesta di sekolah, restoran, ruang serba guna di apartemen, atau komplek perumahan, nahkan ballroom hotel. Bila jumlah undangan sedikit, rumah atau restoran bisa jadi pilihan. Bila undangan banyak, cari lokasi yang lebih nyaman. 
  3. Budget / Anggaran Siapkan anggaran khusus, sesuaikan dengan jumlah undangan dan orang tuanya yang datang menemani, serta rencana pesta yang diinginkan. Jika memungkinkan, anda bisa menyewa jasa EO ( event organizer ), dan kemukakan besarnya budget Anda. Buat pesta sesuai kemampuan, tak perlu iri atau berusaha mengungguli pesta anak lain, hanya karena gengsi. 
  4. Ide Tanyakan pada si kecil, apa yang dia inginkan dalam pestanya nanti, misalnya karakter tokoh, makanan, dan permainan yang dia sukai, hindari bertanya pesta seperti apa yang dia inginkan. Selain pikirannya bisa berubah-ubah, bisa saja idenya malah sulit dilakukan. Bila pakai EO, libatkan diri Anda dan anak dalam pemberian ide, sehingga EO tahu keinginan anak anda, dan pesta yang diadakan tak terasa asing. 
  5. Kreatif Bila kemampuan anda terbatas, pesta dirumah justru menguntungkan. Gali ide kreatif anda. Tak perlu membuat dekorasi pesta yang rumit, Beli balon, kertas krep, dan pita, lalu tata secara meriah dan menarik. 
  6. Tema Pesta dengan tema khusus lebih mudah mempersiapkannya. Sebab undangan, dekorasi, kostum undangan, acara, makanan, kue hingga bingkisan, biasanya menyesuaikan tema, misalnya tema Barbie, Superhero, Sirkus, dan lainnya. Sebagai tambahan, berikan hadiah bagi undangan yang kostumnya paling menarik. Untuk pesta bertema, sebaiknya gunakan jasa EO, sebab karakter tokoh, dekorasi, kue, goodybags atau bingkisan dan lai sebagainya akan lebih repot bila dikerjakan sendiri. 
  7. Menu Makanan Cari menu yang disukai dan boleh dikonsumsi anak-anak, misalnya nasi goreng, burger, spageti, chicken nugget, kentang goreng, mie goreng, soft drinks atau es krim. Bedakan menu untuk anak dan orang tua. Saat acara makan berlangsung, bila luas ruangan memungkinkan, sebaiknya bagikan makanan ke tiap anak (terutama balita) langsung dimeja masing-masing, jangan meminta mereka untuk mengambil sendiri. Menu untuk orang tua lebih bervariasi dan sajikan secara buffet. Bila mengadakan pesta dirumah dan tidak mau repot, manfaatkanlah jasa penjual makanan yang biasa lewat di depan rumah. 
  8. Seru dan Menyenangkan Agar anak-anak menikmati acara, usahakan diantara mereka sudah saling kenal sebelumnya, buat permainan yang mereka sukai, pilih MC pesta ulang tahun yang seru dan bisa membuat anak-anak tertawa selama acara, dan putar lagu-lagu yang mereka sukai. 
Itulah tips memeriahkan pesta ulang tahun anak, semoga bermanfaat.

Lomba di Hari Kemerdekaan

Setiap kali merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang bertepatan pada tanggal 17 Agustus, pasti ada acara lomba yang diselenggarakan setelah upacara bendera memperingati detik-detik kemerdekaan kita. Entah acara di lingkungan RT, acara di sekolah atau acara bersama di kantor, selalu ada sejumlah lomba klasik yang tidak pernah ketinggalan untuk dijadikan acara ramai 17 Agustus-an.
Setelah mengikuti lomba-lomba ini untuk kesekian kalinya, rasanya jadi ingin balik ke masa kecil lagi untuk bisa ikut serta lomba-lomba tersebut di acara 17 Agustus-an. Yuk, kita cek lomba-lomba klasik yang biasa diadakan di acara 17 Agustus-an : 
1. Panjat Pinang Panjat Pinang biasanya jadi acara puncak di rangkaian kegiatan lomba 17 Agustus-an. Mengandalkan semangat kerjasama dan kekompakan maksimal diantara semua anggota tim, salah seorang dari mereka akan bisa menggapai hadiah-hadiah yang digantung di ujung pohon pinang tinggi dan licin untuk memenangkannya. 
2. Makan Kerupuk Dengan tangan diikat di belakang pinggang, peserta lomba ditantang untuk menghabiskan sebuah kerupuk mie yang digantung pada seutas tali dalam waktu secepat-cepatnya. Siapa yang menghabiskan pertama kali, dialah yang menang. 
3. Balap Karung Apakah fungsi terpenting sebuah karung selain untuk membungkus beras? Ya, kamu benar! Tentu untuk dijadikan material lomba balap karung. Berdiri di dalam sebuah karung, peserta harus berlompat-lompat membalap garis finish. 
4. Sepeda Lambat Lomba balap sepeda cepat? Ga seru! Di acara 17 Agustus-an, orang Indonesia lebih memilih untuk lomba sepeda lambat. Aturannya sederhana: siapa yang mencapai garis finish terakhir, dialah pemenangnya. Tapi tentu saja kaki peserta tidak boleh menyentuh lantai saat lomba berlangsung atau ia akan di diskualifikasi.
5. Joget balon Nah, lomba ini memang paling cocok untuk pasangan-pasangan yang kompak. Sambil menjepit sebuah balon di jidat, pasangan peserta harus berjoget sampai lagu yang diputar habis. Kalau balon itu jatuh, mereka automatis akan didiskualifikasi. Pasangan yang bertahan paling lama adalah pemenangnya.
Itulah lomba klasik yang sering diadakan ketika warga Indonesia sedang meramaikan Hari Kemerdekaannya, sebenarnya masih banyak lagi bahkan lomba klasik banyak yang dimodifikasi biar tambah seru, semoga bermanfaat.

Tips Penting Acara Reunian Sekolah

Mengadakan reuni sekolah merupakan kegiatan yang membutuhkan perencanaan yang matang, karena terkadang acara reuni sekolah yang dilaksanakan tidak memuaskan para alumni yang datang. Untuk itu, sebelum melaksanakan reuni sekolah yuks disimak tipsnya : 
1. Susunan Panitia Acara Sebelum merencanakan yang lain-lain, ada baiknya kamu dan teman- teman kamu menentukan terlebih dahulu siapa yang akan menjadi panitia acara. Dan setiap panitia harusnya orang yang aktif dan benar- benar mau bekerjasama. Acara tidak akan berjalan lancar jika tidak didukung oleh panitia yang aktif. 
 2. Daftar Peserta Alumni Yang Di Undang Buatlah daftar peserta alumni yang akan diundang. Jangan sampai nanti ada alumni yang berkata kok saya tidak tahu ya kalau ada acara reuni ? 
 3. Tentukan Tempat Acara Dan Waktu Pelaksanaan Acara Diskusikanlah bersama teman-teman sesama panitia , mengenai waktu pelaksanaan. Oleh karena, lokasi teman-teman kamu sudah pisah kota, maka sebaiknya ambil saat yang tepat di mana mereka bisa berkumpul kembali di kota asal mereka, yakni pada momen hari Raya. Pada momen ini, biasanya orang-orang yang merantau akan mudik ke kampung halaman mereka. 
4. Tentukan Anggaran Biaya Cari penyandang dana sehingga bisa membantu menutupi sebagian biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan acara. Syukur- syukur si penyandang dana mau membiayai keseluruhan biayanya. Namun kalo tidak usahakan sesuaikan acara dengan kemampuan peserta. 
5. Menentukan Acara Jika reuni yang akan dilaksanakan hanya mengundang satu angkatan saja, manfaatkan alumni yang berbeda angkatan dengan kamu sebagai pengisi acara seperti MC, fotografer, dan acara hiburan. Mereka tetap harus dibayar sih tapi tentunya dengan harga pertemanan dan bukan dengan harga profesional. Lumayan kan untuk mengurangi budget. 
6. Catering Untuk jasa catering tidak perlu ambil yang mewah. Cukup makanan yang sesuai dengan budget tapi tetap kamu harus pandai memilih makanan yang enak. 
Mungkin kamu bisa minta referensi dari teman-teman kamu sesama panitia untuk perbandingan. Atau mungkin ada alumni yang membuka usaha catering? kamu bisa memanfaatkan hal itu. Lumayan kan kalo ada diskon atau harga yang ditawarkan bisa harga pertemanan? 
Itulah beberapa tips penting untuk kamu yang akan melaksanakan acara reuni sekolah, yang terpenting di sini hanya satu, yaitu adanya kerjasama yang baik antara semua panitia yang bertanggung jawab atas pelaksanaan acara temu kangen ini, semoga bermanfaat.